Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Baca Juga



Itorkeruh.com**GUBERNUR Dr H.M. ridwan Kamil, ST, M.U D, membuka Musabaqah Tilawatil Qur’an XXXVI Tingkat Provinsi Jabar Tahun 2020 berlangsung di Kantor Bupati Subang, ditandai pemukulan ‘bedug’, Jumat (04/09/2020).
Hadir Wagub H. Uu Ruzhanul Ulum, S.E., Ketua LPTQ Nasional, Forkopimda Jabar diwakili Kapolda Jabar, Sekda Provinsi Jabar, Ketua DPRD Jabar diwakili Sekwan, Ka.Kanwil Provinsi, Bupati dan Wakil Bupati Subang, DPRD Subang, Forkopimda Subang, Ketua LPTQ Jawa Barat Dr. Hj. Dewi Sartika, Kemenag Jawa Barat, Kepala perangkat daerah, Kafilah MTQ ke-36. Kemenag jabar. Ketua PWNU dan PW Muhammadiyah, serta undangan.
Tujuan diadakannya kegiatan MTQ ke-36 ini adalah, untuk memasyarakatkan Al-Qur’an dalam mengamalkan ajaran Al-Qur’an di kehidupan masyarakat jawa barat, sebagai media dakwah dan syiar islam dalam rangka meningkatkan peran masyarakat dalam membaca, mengkaji dan memahami nilai-nilai Al-Qur’an, mengembangkan kecintaan terhadap Al-Qur’an melalui qori dan qoriah, hafiz dan hafizah, penulis kaligrafi dan penulis makalah Al-Qur’an sebagai bentuk pendakwahan nilai-nilai Al-Qur’an dalam kehidupan, serta menetapkan peserta terbaik dari Kabupaten/Kota se-Jawa Barat untuk mewakili Jawa Barat pada ajang LPTQ Nasional di Kota Padang pada bulan November 2020 mendatang.
MTQ dilaksanakan secara rutin dua tahun sekali. Tahun ini, MTQ dilaksanakan tanggal 3 sampai 11 September 2020 dengan tema LPTQ ke-36 adalah “mewujudkan generasi Qur’ani menuju Jabar juara lahir batin dengan inovasi dan kolaborasi”. Pelaksanaan dimulai dari pembinaan dewan hakim dan tes SWAB (27/08/2020) di gedung LPTQ Subang dan orientasi dewan hakim (4/9/2020). Dalam kondisi pandemi, beberapa kegiatan diantaranya pawai taaruf dan pameran produk basor tak digelar mengingat situasi tidak memungkinkan.
Upacara penutupan, akan dilaksanakan Kamis, (10/09/2020) Jumlah peserta MTQ sebanyak 1137, (putra 576 orang) dan (putri 561 orang). Tujuh kategori lomba yaitu, Cabang Tilawah (seni Baca al-Qur’an), Cabang Tahfizh (Hafalan), Cabang Tafsir (Bahasa Arab, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris), Cabang Syarhil Qur’an (Pidato), Cabang Fahmil Qur’an (Cerdas Cermat Seputar isi Kandungan AI-Qur’an), Cabang Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an, dan Cabang Kaligrafi (seni menulis ayat AI-Qur’an).
Sementara itu, kontingen Kab Kuningan mengirim 10 kecabangan yang di ikuti dari 10 kecabangan yang dilombakan, diantaranya tartil anak 2 orang, tilawah anak 2 orang, tilawah remaja 2 orang, tilawah dewasa 2 orang, muzawwad dewasa 2 orang, murotal dewasa 1 orang, tahfidz 1 juz dan tilawah 2 orang, tahfidz 5 juz dan tilawah 2 orang, tahfidz 10 juz 2 orang, tahfidz 20 juz 2 orang, tahfidz 30 juz 2 orang, tafsir bahasa arab 1 orang, tafsir bahasa indonesia 1 orang, tafsir bahasa inggris 1 orang, MFQ 6 orang, MSQ 6 orang, MMQ 2 orang, KHAT 2 orang. Total peserta adalah sebanyak 40 orang, dengan pembina sebanyak 7 orang dan official sebanyak 10 orang.
Kegiatan ini dilaksanakan dengan tetap menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan, mengingat situasi saat ini dalam keadaan Pandemi Covid-19. Dalam pelaksanaan kegiatan MTQ ke-36 tingkat Jawa Barat ini, merupakan sebuah tantangan yang dihadapi seluruh Kafilah Kabupaten/Kota yang ikut berkiprah dalam perhelatan MTQ.
Ketua Umum LPTQ Jawa Barat, Dr. Hj. Dewi Sartika mengatakan, optimisme untuk tetap berprestasi meski dalam suasana pandemi covid-19. Memelihara optimisme untuk tetap berprestasi di tengah kawaspadaan terhadap penyebaran virus corona menjadi hal yang harus benar-benar dimiliki oleh setiap kafilah.
“Situasi pandemi ini tidak boleh membuat kita menjadi surut untuk meraih prestasi. Justru ini adalah tantangan besar bagi seluruh kafilah MTQ Jawa Barat untuk tetap menunjukkan prestasi di tengah situasi yang paling sulit sekalipun. Dalam situasi pandemik seperti sekarang ini, semangat yang harus kita gelorakan adalah Jabar Juara, MTQ Juara,” tutur Dewi Sartika. (Ridwan)
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Top
close
Banner iklan disini