urwakarta itorkeruh.com** Beberapa hari sebelum libur panjang nasional yang dimulai tanggal 28-10-2020 hingga tanggal 1-11-2020 beredar wacana ada seorang pejabat tinggi yang diikut sertakan uji kompetensi mengajukan pensiun dini dari PNS karena akan dimutasi jadi staf ahli Bupati.

Namun informasi itu ditepis oleh Sekretaris Badan Kepagawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Purwakarta, Ai Saidah.

“ Saya belum mendengar info itu pak. Belum ada surat resmi juga ke BKPSDM),”jawab sekretas BKPSDM, Ai Saidah melalui pesan whatsapp yang diterima wartawan media ini, Minggu (1/11/2020)

Demikian pula pejabat tinggi yang dikhabarkan mengajukan pensiun dini membantah informasi yang beredar. “Info lepat, abdi henteu ngajengkeun pensiun, kapameng 15 sasih deui..(Info salah, saya tidak mengajukan pensiun. Tanggung tinggal 15 bulan lagi-red),”bantah Asda II, Ir. Tri Hartono ketika dihubungi melalui pesan elektronik, Minggu (1/11/2020).

Sebagaimana diberitakan media ini sebelumnya, lima orang pejabat tinggi yang menduduki jabatan setingkat eselon II atau setara dengan jabatan Kepala Dinas/Inspektur/Asda serta staf ahli di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat baru saja melaksanakan assesment atau uji kompetensi.

Uji kompetensi dimaksud sesuai aturan dilakukan secara priodik terhadap pejabat tinggi setiap dua tahun sekali dan pengecualian disaat pandemic Corona sekarang bisa dilakukan satu tahun sekali.

Kabid Pengembangan SDM pada BKPSDM, Dadi Sadali pernah mengatakan, tim penguji uji kompetensi bagi pejabat tinggi tersebut nantinya di uji kompetensinya oleh 2 orang pejabat dari Pemda Purwakarta dan dari Perguruan Tinggi 3 orang penguji.

Ke 5 pejabat itu antara lain, Nurhidayat (Kadis DPPKB), H. Yayat (Staf ahli Bupati), Nuryatna (Inspektur), H. Agus Rachlan Suherlan (Kadis Pengan dan Pertanian) dan Ir. H. Tri Hartono (Asda II).

H. Agus Rachlan Suherlan salah seorang pejabat yang tertera namanya dan akan mengikuti proses assesment/uji kompetensi mengaku dirinya akan menjalani assesment pada hari Senin (26/10/2020) di sebuah hotel berbintang di Kawasan Bukit Indah City.

“Insya Allah hari Senin om assessment-nya,”ungkap Kadis Pangan dan Pertanian, Ir. H. Agus Rachlan Suherlan, MM kepada wartawan media ini, beberapa waktu lalu.

Dan dilaksanakannya uji kompetensi kali ini sempat menarik perhatian berbagai kalangan. Salah satunya dari mantan pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Purwakarta yang merangkap Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) yang mengajukan pensiun dari PNS sebelum waktunya yang bersangkutan pensiun karena ada salah seorang pejabat tinggi setingkat kepala dinas diikut sertakan uji kompetensi, padahal pejabat tinggi itu akan pensiun kurang dari satu tahun lagi.

”Coba tanyakan alasan apa Pak Agus Rachlan (Kadis Pangan dan Pertanian-red) diikut sertakan assesment. Dia kan mau pensiun kurang dari satu tahun lagi,”kata mantan Pj. Sekda merangkap Kepala BKAD Pemkab Purwakarta, HM. Irsyad Nasution melalui saluran whatsappnya, beberapa hari lalu. (Mjn)