Kuningan.itorkeruh.com**SEDIKITNYA 23 rumah warga di Desa Cipondok, Kecamatan Cibingbin, Kuningan mengalami kerusakan akibat terdampak guncangan Gempa Bumi berkekuatan 4,2 magnitudo mengguncang sebagian besar Kabupaten Brebes Jawa Tengah, Jumat pagi (11/12/2020)

Desa Cipondok yang berada diujung timur Kabupaten Kuningan lokasinya berbatasan dengan Kabupaten Brebes Jawa Tengah, terkena getaran gempa bumi yang mengakibatkan 23 rumah warga di Desa Cipondok mengalami kerusakan. Dari 23 rumah yang rusak tersebut diantaranya 4 rumah rusak sedang dan 19 rumah gentingnya berantakan. Hal itu dikatakan Kepala Pekaksana BPBD Kuningan Indra Bayu Permana kepada awak media, Jumat (11/12/2020)

Pihak BPBD menurunkan petugas ke lokasi untuk mendata rumah-rumah warga yang terdampak guncangan gempa. Bahkan Puskesmas dan Posyandu juga terdampak guncangan, sehingga praktis dua fasilitas umum itu mengalami kerusakan ,ungkapnya.

Sementara itu, sejumlah warga menuturkan, saat terjadi getaran gempa ”kami sangat panik dan berlarian keluar rumah untuk menyelamatkan diri. Gempa yang terjadi itu guncangannya cukup kuat. Akibatnya rumah Iwan atap dapurnya ambruk. Begitu pula genting rumah warga lainnya berjatuhan.

Namun sejauh ini dilaporkan tidak terdapat korban jiwanya, sedangkan kerugian material masih dalam pendataan pihak BPBD. (Rdn)